Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Akan Mendaki

Hasil gambar untuk gambar mendaki

Aktivitas mendaki gunung saat ini nampaknya bukan lagi merupakan kegiatan yang langka. Nggak  hanya dilakukan oleh orang tertentu seperti kelompok pecinta alam, penjelajah alam, atau semacamnya, melainkan sekarang sudah banyak dilakukan oleh orang-orang yang berasal dari kalangan umum. Meski begitu mendaki gunung bukanlah sesuatu hal yang dapat dianggap remeh, dibutuhkan persiapan baik fisik maupun mental, hal tersebut agar kita dapat menghindari segala kemungkinan bahaya yang ada di gunung. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan jika kamu berencana untuk melakukan pendakian :

  • Carilah Informasi Tempat Tujuan/obyek pendakian

Untuk mengetahui informasi seputar lokasi tempat untuk mendaki, kita bisa memperoleh dari literatur-literatur yang berupa buku-buku atau artikel-artikel tentang lokasi tersebut. Selain itu kita juga dapat bertanya pada orang-orang yang pernah melakukan pendakian di tempat yang ingin kita tuju. Terakhir kalau perlu kita bisa meminta informasi dari penduduk setempat, petugas pos penjagaan, atau siapa saja yang telah melakukan pendakian sebelumnyayang lebih mengerti tentang gambaran medan lokasi yang akan kita daki.

  • Waktu Perjalanan

Buatlah rincian waktu yang digunakan selama perjalanan mulai dari berangkat, kembali dan lama perjalanan serta perhitungkan waktu saat istirahat dan camp. Seseorang dengan kondisi fisik yang baik akan mampu menempuh perjalanan 2 sampai 3 jam tanpa istirahat. Usahakan istirahat jangan terlalu lama, yang malah membuat badan menjadi dingin dan akhirnya malas untuk untuk kembali berjalan. Sebagai ukuran minimal berjalan 1 jam dengan istirahat 10 menit sudah cukup baik. Memperkirakan waktu perjalanan perlu dilakukan karena berguna untuk mempersiapkan makanan. Selain itu perlu diperhatikan juga keadaan musim dan cuaca pada saat itu.

  • Anggaran Biaya

Salah satu hal yang perlu banget dalam mempersiapkan pendakian adalah biaya. Memang kalau saat praktek mendakinya uang nggak perlu-perlu banget rasanya, tapi justru urusan biaya menjadi ribet saat sebelum berangkat mendaki. Mulai dari merencanakan anggaran transportasi ke lokasi tujuan mendaki, logistik, dan printilan-printilan lainnya. Maka buatlah anggaran biaya yang harus dirinci secara detail agar dengan mudah mengatur keluar masuknya uang. Selain pemasukan pengeluaran perlu dicantumkan juga dana cadangan untuk kebutuhan yang tidak terduga.

  • Membuat SOP

Buatlah Standar Operasional Prosedur (SOP) secara teliti dan sedetail mungkin, mulai dari rincian waktu sebelum kegiatan sampai dengan setelah kegiatan. Jika anda mendaki secara berkelompok akan lebih baik jika terdapat pembagian tugas dengan masing-masing peserta yang lain dan menentukan pimpinan rombongan (satu kelompok) serta tata tertib pendakian. SOP itu sangat penting, dan harus dilakukan agar pendakian berjalan sesuai rencana.

  • Perbekalan dan Peralatan

Persiapan perlengkapan merupakan awal pendakian gunung itu sendiri. perlengkapan mendaki gunung bisa terbilang mahal harganya, namun wajar saja karena ini juga sebagai pelindung keselamatan pendaki itu sendiri. Gunung merupakan lingkungan yang asing bagi organ tubuh kita yang terbiasa hidup di daerah yang lebih rendah. Karena itu diperlukan perlengkapan yang memadai supaya pendaki mampu menyesuaikan di ketinggian yang baru itu. Seperti perlengkapan pribadi, perlengkapan tidur, perlengkapan kelompok, perlengkapan masak, makanan, obat-obatan dan lain-lain.

Nah itulah beberapa hal-hal yang perlu diperhatikan saat akan mendaki gunung. Sekian.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Edukasi Tentang Penggunaan Game Online Bagi Anak-anak Itu Perlu

Media Sosial Instagram Sebagai Forms of Expression